Simulasi Amankan Pemilu 2024, Polres Pasaman Siapkan 202 Personil

    Simulasi Amankan Pemilu 2024, Polres Pasaman Siapkan 202 Personil
    Simulasi pengamanan Pemilu 2024 Kabupaten Pasaman di halaman kantor Bupati di Lubuk Sikaping, Kamis (12/10).

    Pasaman, - Kapolres Pasaman AKBP Yudho Huntoro mengatakan pihaknya menyiapkan sebanyak 202 personil dan ditambah lebih kurang100 tenaga tambahan untuk pengamanan pemilihan umum (Pemilu) 2024.

    "Selain itu kita juga meminta bantuan pihak terkait seperti unsur TNI, Satpol PP, ASN dan masyarakat untuk mendukung upaya-upaya pengamanan pesta demokrasi itu, " ujar AKBP Yudho Huntoro di Lubuk Sikaping, Kamis (12/10/2023).

    AKBP Yudho mengatakan hal itu di sela-sela kegiatan simulasi pengaman Pemilu 2024 untuk tingkat Kabupaten Pasaman yang dipusatkan di kantor Bupati Pasaman di Lubuk Sikaping. Simulasi itu diikuti seluruh unsur yang terlibat dalam pengamanan Pemilu 2024.

    Hadir dalam simulasi selama dua hari tersebut antara lain perwakilan dari Kodim, KPU Pasaman, Bawaslu Pasaman, Ketua LKAAM Pasaman dan undangan lainnya.

    Menurut Yudho, sejauh ini secara umum kondisi di Pasaman relatif kondusif dalam menjalani tahapan-tahapan Pemilu 2024, termasuk dalam menghadapi puncak Pemilu pada Februari tahun depan. "Hampir tidak ada gangguan yang berarti, " katanya.

    AKBP Yudho menengarai kondisi itu antara lain dimungkinkan oleh semakin membaiknya tingkat kesadaran masyarakat dalam berpolitik praktis dan berdemokrasi.

    Kendati demikian, sambung Yudho, pihaknya akan terus meningkatkan kewaspadaan kalau-kalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. "Terutama menjelang puncak pelaksanaan pemilu, " katanya.

    Makanya, menurut Yudho, pihaknya akan segera melakukan pemetaan wilayah, yaitu kawasan mana yang dianggap rawan atau tidak dalam menghadapi Pemilu. "Untuk dilakukan langkah-langkah pengamanan yang diperlukan, " katanya.

    Yudho meminta kepada semua peserta pemilu, terutama para bacaleg, untuk tetap mematuhi aturan main yang berlaku agar tidak terjadi gesekan di tengah massa pendukung para bacaleg itu.

    Ia juga meminta masyarakat untuk lebih mengedepankan kepentingan bersama demi Pasaman yang aman dan kondusif. "Karena keamanan merupakan modal berharga untuk mencapai tujuan bersama, " ungkapnya.

    Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Pasaman Benny Utama, Forkopimda, KPU, Bawaslu dan undangan lainnya.

    pasaman sumbar
    Syafrianto

    Syafrianto

    Artikel Sebelumnya

    Cegah Pelanggan Pemilu, Rini Juita: Pengawasan...

    Artikel Berikutnya

    Wakil Bupati Pasaman Dorong Pengembangan...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    TV Parlemen Live Streaming
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Pimpin KTT World Water Forum, Panglima TNI Sambut Kedatangan Presiden Jokowi Di Bali
    Banyak Kalangan Berharap Kasus Karen Diputus Hakim Berdasarkan Keadilan dan Ketuhanan yang Maha Esa
    Satgasud PAM VVIP KTT World Water Forum Amankan Wilayah Udara Bali

    Ikuti Kami