Tenaga Kesehatan Pasaman Demo Tolak RUU Omnibus Law

    Tenaga Kesehatan Pasaman Demo Tolak RUU Omnibus Law

    Pasaman, - Organisasi Kesehatan berbagai profesi di Kabupaten Pasaman, Gelar Aksi Damai tolak pembahasan Rancangan Undang-Undang Kesehatan Omnibus Law di depan kantor DPRD Kabupaten Pasaman, Senin (08/05/2023).

    Adapun organisasi profesi kesehatan yang mengikuti aksi damai penolakan RUU tersebut seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), dan organisasi profesi kesehatan lainnya.

    Penolakan RUU Kesehatan Omnibus Law ini didasari karena telah ada UU Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran dan UU Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan yang menjadi acuan untuk layanan kesehatan.

    Koordinator aksi damai, dr. Hamdi, Spa mengatakan tujuan digelarnya aksi damai penolakan RUU Kesehatan Omnibus Law ini dikarenakan RUU tersebut dinilai mengancam hak demokrasi, hak sehat rakyat, hak kesejahteraan dan perlindungan profesi kesehatan.

    “Selain itu, ini bentuk protes terhadap pemerintah dan DPR RI yang memaksakan pembahasan RUU Kesehatan Omnibus Law yang kental dengan kepentingan kapitalis disektor kesehatan, mengorbankan hak rakyat dan mengorbankan hak profesi kesehatan, ” terang dr. Hamdi, Spa selaku ketua IDI kabupaten Pasaman.

    Di samping itu, kata dia, ini juga wujud protes kepada pemerintah yang membungkam suara-suara kritis terhadap kebijakan dan memberhentikan salah satu guru besar Prof. Dr. Zainal Muttaqin, Sp.BS(K) melalui Direktur RSUP Kariadi Semarang.

    “Ini untuk menyadarkan semua pihak bahwa masa depan kesehatan jangan dipolitisir dan diserahkan kepada pengelola asing, ” kata dr. Hamdi.

    Sehingga bisa mendorong pemerintah untuk memperluas pelayanan kepada masyarakat yang masih belum terjangkau infrastruktur serta sarana prasarana kesehatan, tutupnya mengakhiri.

    pasaman sumbar pasaman sumbar
    Syafrianto

    Syafrianto

    Artikel Sebelumnya

    Hasil Analisis, Bawaslu Pasaman Temukan...

    Artikel Berikutnya

    DPRD Pasaman Rapat Paripurna LKPJ Bupati...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    TV Parlemen Live Streaming
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Pimpin KTT World Water Forum, Panglima TNI Sambut Kedatangan Presiden Jokowi Di Bali
    Banyak Kalangan Berharap Kasus Karen Diputus Hakim Berdasarkan Keadilan dan Ketuhanan yang Maha Esa
    Satgasud PAM VVIP KTT World Water Forum Amankan Wilayah Udara Bali

    Ikuti Kami